Data DayMke

Hidup Ini Adalah Permainan, Maka Jadilah Pro

Harapan Indonesia Tak Ulang Celah SEA Games 2019 di Filipina

Deskripsi singkat: Indonesia tak boleh ulang kesalahan-kesalahan sebagai tuan rumah yang dilakukan Filipina di ajang SEA Games 2019.

Saat hal-hal sederhana seperti misalnya kucing bisa saja menjadi viral dan menjadi perbincangan seluruh dunia, maka tak heran juga jika ajang-ajang internasional akan jadi lebih viral dan menjadi sorotan juga. Bahkan jika hal tersebut dianggap negative, maka siap-siap saja akan menjadi pergunjingan seluruh dunia. Filipina lah yang sudah menanggung malu. Dan ini menjadi catatan bagi Indonesia agar tak mengulang hal yang sama.

Aib Filipina yang Tak Boleh diulang Indonesia

Filipina membuat ajang SEA Games sontak menjadi sorotan. Bahkan sebelum pembukaan ajang ini dan mayoritas cabang olahraga dimulai, sudah terjadi kontroversi di sana-sini.

Hal yang membuat kontroversi salah satunya adalah ‘kursi kondangan’ yang menjadi kursi di media center SEA Games. Hal itu makin terasa memprihatinkan lagi apabila kita melihat ruangan yang belum selesai dicat dan masih belum rapi juga. Filipina kemudian sukses menjadi perhatian. Negara yang jadi tuan rumah SEA Games 2019 ini diperhatikan banyak orang, namun tentu saja bukan karena hal yang positif.

Masalah tersebut lalu ditambah lagi dengan masalah-masalah lainnya. Misalnya saja bus yang terlambat, atlet-atlet yang terlantar tak tahu arah dan tujuan, tak ada papan skor saat laga sepak bola tengah berlangsung, sampai dengan penyediaan makanan hala yang menjadi kebutuhan atlet-atlet muslim.

Kekacauan ini lah yang nyaring sekali terdengar di hari-hari pertama SEA Games. Walaupun kondisinya makin membaik di hari-hari berikutnya, wajah Filipina telah tercoreng dan kemudian dianggap tidak cakap menjadi tuan rumah gelaran pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara itu.

Hari-hari pertama sebuah ajang olahraga memang menjadi hari-hari krusial, persiapan yang matang bisa menjadi pondasi yang kuat supaya sebuah negara dapat langsung dianggap siap menjadi tuan rumah di hari-hari awal ajang kejuaraan ini.

Dalam beberapa tahun kedepan, Indonesia akan jadi tuan rumah beberapa ajang olahraga kelas dunia, bukan lagi ‘Cuma’ Asia Tenggara.

Indonesia Sambut Sejumlah Ajang Kelas Internasional

Indonesia pasalnya sudah berhasil meluluhkan hati para panitia pemilih melalui proposal yang diberikan. Karena itu lah Indonesia sekarang tinggal menunjukkan bahwa keputusan mereka memilih Indonesia merupakan keputusan yang tepat.

Di tahun 2021 esok, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP. Sbagai tuan rumah, Indonesia menyiapkan sirkuit jalan raya Mandalika yang terletak di Lombok. Karakter sirkuti jalan raya ini akan jadi salah satu ciri khas MotoGP Indonesia karena seri yang lainnya berlangsung di sirkuit yang tertutup.

Atas dasar fakta itu lah, kualitas aspal tentunya masih menjadi perhatian. Panitia pelaksanannya harus tahu kapan kan sirkuit harus benar-benar steril, sehingga tidak ada peristiwa lucu seperti misalnya sirkuit berlubang di saat perlombaan yang itu bisa dihindarkan.

Akses pebalap dan juga tim dari bandara menuju ke sirkuit pun harus menjadi perhatian utama. Hari-hari awal MotoGP 2021 mesti berisi kekaguman para pebalap pada Mandalika, bukan malah yang sebaliknya, kekecewaan karena lama menunggu di bandara.

Di waktu terdekat juga, di tahun 2020, Jakarta juga akan menjadi tuan rumah Formula E. Perencanaan trek dan juga jalur yang digunakan sangat lah penting karena tidak semua jalan di Jakarta mulus dan juga memnuhi standar balapan sekarang ini. Jalannya perlombaan harus jadi apk idtogel berita utama yang diangkat media-media, bukan malahan cerita aneh saat sebuah mobil rusak karena menghantam halan yang tak rata dan lubang saluran air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *