Data DayMke

Hidup Ini Adalah Permainan, Maka Jadilah Pro

Wasit yang diprotes Buffon Juga Pernah Terima Kritik Mourinho dan Wenger

Wasit yang memberikan penalty untuk Real Madrid pada laga lanjutan Liga Champions Rabu (11/4) mala, Michael Oliver, pernah juga mendapatkan kritik dari Arsene Wenger dan Jose Mourinho saat memimpin laga Liga Premier Inggris.

Mengenal Michael Oliver

Oliver yang mana menjadi buah bibir karena dirinya memberikan keputusan penalti di mana keputusannya membuat Real Madrid menyingkirkan Juventus pada perempat final Liga Champions 2017/2018. Pria yang berasal dari Inggris tersebut bukan lah wasit baru dalam kompetisi antarklub nomor satu di Eropa itu. pengadil yang berumur 33 tahun tersebut telah memimpin pertandingan Liga Champions sejak tahun 2016 yang lalu.

Musim ini, selain dirinya memimpin laga yang berlangsung antara Real Madrid dan juga Juventus, Oliver pun menjadi wasit dalam 4 pertandingan yang lainnya termasuk Besiktas yang melawan Bayern Munchen pada babak perdelapan final.

Karirnya sebagai korps baju hitam telah dimulai sejak tahun 2003. Tujuh tahun setelah itu, Oliver mendapatkan lisensi Liga Premier. Semenjak dirinya menjadi wasit di kompetisi sepak bola nomor 1 di Inggris di tahun 2010, ia menjadi terkenal dan tidak asing lagi dengan keluhan serta kritik dari kubu yang bertanding.

Mendapat Kritik dari Arsene Wenger dan Jose Mourinho

Arsene Wenger dan Jose Mourinho juga tak luput memberikan kritik pada Oliver. Pelatih-pelatih tersebut bahkan pernah mengkritik keras wasit yang menjadi fans dari Newcastle United tersebut.

Komplain Mourinho pada Oliver terjadi sesudah MU kalah dari Chelsea dengan skor 0-1 di babak perempat final Piala FA pada tahun 2017. Saat itu, Oliver memberikan 2 buah kartu kuning pada Andera Herrera sampai pemain asal Spanyol tersebut harus keluar dari lapangan di menit ke-35.

Mou yang saat itu mendatangi Oliver setelah pertandingan selesai tak melontarkan kritikan pulsa777 daftar keras saat konferensi pers tentang Oliver, akan tetapi secara tak langsung, pelatih yang berasal dari Portugal tersebut merasa bahwa Herrera tak pantas mendapatkan kartu merah.

Ia mengatakan bahwa apa yang menjadi keputusan Oliver tersebut sudah membuat Setan Merah menderita sekali. Dalam laga melawan Chelsea itu, MU harus mau bermain dengan susunan 10 pemain saja. Dan saat ditemui setelah pertandingan selesai, Mou mengatakan bahwa MU tak pernah memenangkan 4 pertandingan jika dipimpin oleh Oliver. “Tuan Michael Oliver, seorang wasit yang potensinya luar biasa. Man United tak beruntung karena dirinya menjadi wasit pertandingan kami. Dalam empat pertandingan, ia sudah memberikan kami 3 hukuman penalti dan 1 kartu merah di masa awal laga. Namun lagi dan lagi, saya tak bisa berbuat banyak untuk hal ini,” katanya dilansir dari Indosport.

Sementara itu, Arsene Wenger, menyoroti bahwa kepemimpinan Oliver saat Arsenal kalah dari Manchester United dengan skor 1-3 pada ajang Liga Primer Inggris musim ini pun menjadi sorotan. Namun berbeda dengan Mou, Wenger malah secara terang-terangan menyatakan bahwa keputusan Oliver mengerikan serta mempengaruhi hasil akhir.

Dalam laga yang mana berlangsung dari Stadion Etihad di bulan November 2017 lalu, tercatat ada 6 buah kartu kuning keluar dari saku Oliver yang diberikan untuk pemain The Gunners. Tidak hanya itu, ia juga memberikan penalty untuk Manchster United yang ketika itu sukses dieksekusi oleh Sergio Aguero.

Akhirnya, di pertandingan itu The Gunners harus ditaklukkan oleh The Citizens dengan skor cukup mengecewakan, 1-3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *