Data DayMke

Hidup Ini Adalah Permainan, Maka Jadilah Pro

Belum Tayang, ‘SOLO: A STAR WARS STORY’ Hujan Kritikan

Sebagai sebuah ikon budaya, saga Star Wars memang mencetak box office yang sangat menggiurkan. Tak heran kalau akhirnya berbagai proyek spin-off atau cerita lepas para tokoh Star Wars seolah bergantian dapat giliran tampil. Dan saat ini giliran diberikan kepada Han Solo. Memilih jadwal rilis 25 Mei 2018, LucasFilm siap menayangkan SOLO: A STAR WARS STORY.

 

Hampir dua bulan menuju perilisan, SOLO: A STAR WARS STORY justru meraih banyak kritik termasuk rumor plagiat. Plagiat ini bukanlah pada adegan film, melainkan pada poster SOLO: A STAR WARS STORY yang menampilkan para karakter film itu. Terungkap kalau poster itu serupa dengan cover album rilisan label Sony Music Prancis. Adalah Hachim Bahous, seniman cover-cover album itu yang pertama kali berani bicara soal isu plagiat.

 

Diunggah di akun Facebook pribadinya, Bahous memposting empat cover album karyanya sekaligus poster SOLO: A STAR WARS STORY yang memang serupa. Terlihat pada foto poster SOLO: A STAR WARS STORY, ada karakter Han Solo (Alden Ehrenreich), Lando Calrissian (Donald Glover), Qi’ra (Emilia Clarke) dan Chewbacca (Joonas Suotamo) dalam setiap karakter huruf SOLO. Untuk cover album buatan Bahous, ada empat poster untuk kompilasi Funk, Jazz, Electronic Funk dan Soul lengkap dengan para musisi yang bergaya mirip poster SOLO. Mengenai rumor ini, Disney dan LucasFilm pun kompak tidak bicara.

 

Atas kemiripan ini, Bahous menulis, “Saya merasa tersanjung karya saya diakui, tapi tetap saja ada pemalsuan. Saya tidak dimintai izin, saya berharap bisa dihargai dan dibayar atas pekerjaan yang sudah saya lakukan untuk Sony.”

 

Disney Kecewa Berat Dengan Alden Ehrenreich

 

Kendati hampir seluruh film dari semesta Star Wars selalu sukses, Disney tampak pesimis dengan SOLO ini yang memang memiliki banyak sekali masalah. Berawal dari pemecatan Phil Lord dan Christopher Miller sebagai sutradara yang digantikan oleh Ron Howard sampai kasus Ehrenreich sebagai aktor utama. Tampak kecewa berat, sebuah sumber menyebut kalau Disney sampai menyewa pelatih akting pribadi untuk Ehrenreich karena sangat mengecewakan. Tak berhenti di situ, aktor Michael K Williams memutuskan mundur sebagai Dryden Vos di tengah proses produksi dan digantikansang pemeran Vision dalam MCU, Paul Bettany, yang membuat banyak adegan syuting ulang.

 

‘SOLO’ Ungkap Cuplikan Perdana di Super Bowl LII

 

Meskipun terjegal skandal plagiat, SOLO: A STAR WARS STORY tetap melakukan promosi jelang perilisan. LucasFilm mengungkapkan cuplikan perdana SOLO di acara Super Bowl LII, Minnesota, Amerika Serikat pada awal Februari 2018. Lewat cuplikan satu menit itu, anda bisa melihat aksi Han yang ingin bergabung ke dalam Empire sebagai pilot.

 

Anda juga bisa melihat sosok Lando, Qi’ra dan mentor Tobias Beckett (Woody Harrelson) yang lintas toto nantinya bakal jadi pelatih Han Solo. Yang menggembirakan fans, Chewbaca mendadak muncul dan berdiri di samping Han. Dalam cuplikan adegan itu, jelas bahwa SOLO: A STAR WARS STORY akan mengajak para penonton bertualang saat Han masih muda dalam mengarungi galaksi.

 

Lewat SOLO, anda juga akan menelusuri jejak masa lalu Chewbacca dan sang penjudi tenar, Lando Calrissian yang akhirnya jadi karakter-karakter ikonik dalam dunia Star Wars. Anda juga bisa melihat Thandie Newton sebagai Val, Phoebe Waller-Bridge sebagai L3-37 dan Bettany sebagai Dryden Vos sang penjahat kriminal dalam prekuel Star Wars ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *